Jumat, 18 Desember 2009

Perilaku Manusia

Iri Hati dan Dengki

Sebagian manusia tidak mampu mengelakkan dirinya dari sifat iri dan dengki. Dengki kepada rekan yang baru naik jabatan, dengki kepada tetangga yang punya mobil mewah,rumah bagus,dan banyak lagi yang lainnya.Orang yang mempunyai sifat iri hati dan denki tidak akan pernah merasa senang apabila melihat orang lainlebih dari dirinya.

Rasa dengki dan iri baru tumbuh manakala orang lain menerima nikmat.apabila orang lain mendapat nikmat ataupun rizki maka orang yang mempunyai sifat iri hati dan denki tidak senang melihat orang yang mendapat nikmat tersebut,yang ada difikirannya hanya bagaimana nikmat tersebut itu pindah kepada dirinya.

Rasa dengki pada dasarnya tidak timbul kecuali karena kecintaan kepada dunia. Dan dengki biasanya banyak terjadi di antara orang-orang terdekat; antar keluarga, antarteman sejawat, antar tetangga dan orang-orang yang berde-katan lainnya. Sebab rasa dengki itu timbul karena saling berebut pada satu tujuan. Dan itu tak akan terjadi pada orang-orang yang saling berjauhan.

Iri hati dan dengki adalah penyakit hati yang paling berbahaya. Dan hati tidak bisa diobati kecuali dengan ilmu dan amal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar