Minggu, 27 Desember 2009

Perilaku

PEMAAF


Pemaaf adalah sebutan bagi seseorang yang mudah sekali memaafkan kesalahan orang lain baik itu yang disengaja ataupun tidak disengaja, sadar atau tidak sadar, besar atau kecil.

Seorang pemaaf tidak akan memilih-milah kesalahan-kesalahan mana saja yang pantas dimaafkan dan kesalahan-kesalahan mana saja yang tidak pantas untuk dimaafkan. Secara arif dia akan memaafkan semua kesalahan-kesalahan orang lain kepada dirinya tanpa syarat.

sifat pemaaf yang dimiliki manusia tidak datang dengan sendirinya, agar sifat pemaaf tumbuh dalam diri seseorang maka sifat itu haruslah di-latih secara rutin dan terus mendengarkan nasehat-nasehat agama. Salah satunya adalah dengan latihan dan mempraktekan "pemaaf" itu dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan demikian "pemaaf" akan menjadi suatu kebiasaan bagi diri seseorang dan memaafkan adalah bukan sesuatu yang aneh dalam hidupnya secara sendirinya.

Meminta maaf itu sulitnya setengah mati, tetapi memang memberi maaf lebih sulit dari meminta maaf. Tapi terkadang seseorang yang minta maaf itu malu untuk meminta maaf dikarenakan gengsi,malu,dan atau takut untuk tidak dimaafkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar